Selasa, 04 Oktober 2011

Psikologi Univ. Esa Unggul

S1 Psikologi - Terakreditasi B
Psikologi mempelajari tingkah laku manusia dan proses mental yang melatarbelakangi munculnya perilaku tersebut, karena tingkah laku manusia bisa tampak sama, namun proses mental yang terjadi bisa berbeda. Mahasiswa mendapatkan latihan dasar psikodiagnostika sehingga mampu menginterpretasikan tingkah laku manusia sesuai kaidah-kaidah psikologi, menumbuhkan dan meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan, serta menghayati dan melaksanakan kode etik keilmuwan dan profesi psikologi mampu melaksanakan penelitian, menyusun laporan penelitian psikologi secara ilmiah, mengenal, menghayati dan mengamalkan kode etik psikologi serta menunjukkan kepekaan terhadap nilai dan masalah sosial budaya, politik dan ekonomi yang mempengaruhi manusia sehingga mampu menginterpretasikan tingkah laku manusia tersebut.
Program Studi Psikologi Universitas Esa Unggul menciptakan lulusan yang memiliki bekal teori - teori psikologi dan perkembanganya secara teori maupun praktis sehingga mampu memberikan kontribusi keilmuannya  secara profesional pada bidang:
  • Psikologi Industri dan Organisasi
  • Psikologi Anak, Remaja, Dewasa dan Keluarga
  • Psikologi Pendidikan
  • Psikologi Sosial, Lingkungan Budaya
  • Psikologi Klinis
  • Psikologi Riset
Kompetensi lulusan program studi Psikologi adalah mampu:
  
Melakukan pemeriksaan psikologi (tes psikologi) baik secara individual maupun klasikal dengan berpedoman pada kode etik psikologi.
  • Melakukan pengadministrasian tes psikologi baik tes individual maupun klasikal.
  • Melakukan observasi secara obyektif dalam rangka pemeriksaan psikologi.
  • Menyusun interview guide dan melakukan interview serta anamnesa dalam rangka pemeriksaan psikologi.
  • Menyusun instrument / alat ukur psikologi yang memiliki validitas & reliabilitas yang teruji.
  • Menyusun program-program pelatihan & pengembangan Sumber Daya Manusia.
  • Mengenal berbagai macam terapi psikologis (psikoterapi), prinsip-prinsip serta penggunaannya dalam kasus-kasus psikologi.
Visi :
Menjadi Program Studi S1 Psikologi yang menghasilkan Sarjana-sarjana Psikologi yang mampu bersaing dalam hal pengetahuan & keahlian di bidang Psikologi, kompeten, professional serta memiliki semangat kewirausahaan.
 
Misi :
  1. Memberikan bekal pengetahuan dasar  dan aplikasi psikologi untuk penyelesaian masalah-masalah kehidupan (real life problems).
  2. Memberikan latihan dasar-dasar psikodiagnostika sehingga mampu menginterpretasikan tingkah laku manusia sesuai kaidah-kaidah psikologi.
  3. Menumbuhkan dan meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan serta mampu menghayati & melaksanakan kode etik keilmuan & profesi.
  4. Memberikan bekal pengetahuan dasar dan aplikasi kewirausahaan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang kompetitif.

Tujuan :
Tujuan Program Studi Psikologi yaitu menghasilkan lulusan/tenaga yang professional di bidang Psikologi yang mampu:
  1. Memahami pengetahuan dasar Psikologi dan teknik pengamatan yang obyektif sehingga dapat menginterpretasikan tingkah laku manusia menurut kaidah-kaidah Psikologi baik secara individual maupun kelompok.
  2. Mengenal berbagai macam alat pengukuran Psikologi dan memahami fungsi serta manfaatnya.
  3. Menunjukkan kepekaan terhadap nilai-nilai dan permasalahan bio-psiko-sosial dan moral dalam konteks budaya Indonesia.
  4. Melakukan penelitian-penelitian di bidang Psikologi.
  5. Menghayati dan melaksanakan kode etik keilmuwan, penelitian dan profesi
Proses Pembelajaran:
  1. Masa Orientasi Mahasiswa baru diawali dengan pembekalan softskill (training: ESQ, leadership, entrepreneur, communication, dan self confidence)
  2. Kurikulum 3,5 tahun (7 semester normal, 3 semester pendek)
  3. Progam Bahasa Inggris secara komperehensif (TOEFL & TOEIC)
  4. Kemajuan belajar mahasiswa dievaluasi berdasarkan sistem evaluasi kemajuan belajar yang meliputi ujian tengah semester, ujian akhir, kuis, dan penyelesaian tugas rumah dan praktikum
  5. Pembelajaran berbasis Hybrid Learning (intranet dan internet sebagai alat komunikasi antar dosen dan mahasiswa dalam aplikasi materi ajar, pemberian tugas, dan referensi
  6. Praktikum di Laboratorium dengan fasilitas terbaik
  7. Bimbingan Akademik
  8. Mengadakan Kuliah Umum dan Dosen Tamu dari pakar dan praktisi profesional
  9. Mengadakan Seminar, Lokakarya, Pelatihan dan Diskusi interaktif
  10. Ekstrakulikuler melalui Unit Kegiatan Mahasiswa
  11. Praktek Kerja Lapangan di perusahaan nasional dan multinasional.
Mitra Kerjasama dalam Kurikulum, Praktek Mahasiswa, Pengabdian Masyarakat dan Jasa Konsultasi :

HIMPSI JAYA, Biro Psikologi (Entheos, Adhi Karya, Pesona), RSJ (Grogol, Cilendek, Dr.Marzuki Mahdi), Pusat Rehabilitasi Narkoba BNN, Pamardisiwi, PT Interexperta, PT Astra, Autis, Akselerasi, dan Metro TV, RCTI, LP Anak & Wanita, Tangerang, Sekolah SLB, beberapa Sekolah Negeri dan Swasta di Tangerang dan Jakarta.

Tidak ada komentar: